Asumsi Awal

Google, saat ini menjadi barometer apakah sebuah laman web terbilang sebagai web cukup diminati atau tidak. Jumlah pengunjung atau banyaknya laman yang terindeks, bukanlah satu-satunya jaminan web tersebut dipandang bagus oleh google, oleh karena ada istilah bounce rate (apakah tinggi atau rendah). Semakin tinggi nilai bounce rate, web tersebut menjadi rendah nilainya. Namun bila rendah nilai bounce rate berarti web mendapatkan visitor unik dan ini menjadi sumber pemikiran yang mendalam bagi banyak pemerhati SEO.

Ada apa dengan URL+Paramater

Menggarisbawahi hal tersebut diatas, banyak kalangan blogger berpendapat bahwa penambahan parameter pada URL tertentu akan menaikan jumlah laman yang terindeks. Tapi, lagi-lagi webmaster tools tidak serta merta menerima adanya parameter tersebut. Untuk itu, google menyediakan opsi sebagai filter gejala parameter yang nantinya akan dipertimbangkan apakah laman yang didalamnya mengandung URL + paramater patut untuk diindeks atau tidak.

Seperti halnya Facebook, Twitter, toko online dan forum yang didalamnya banyak terkumpul data-data user, URL paramater sangat dibutuhkan. Dengan parameter tersebut kespesifikasian dari sebuah halaman yang mengandung konten unik dapat lebih jelas dan sekaligus pembeda bagi halaman web lainnya.
Efeknya, halaman yang terindeks oleh google menjadi semakin besar dan kemungkinan web tersebut terjaring dalam SERP menjadi lebih memungkinkan.

Ibarat mengikuti sebuah sayembara atau undian, maka kupon terbanyak lebih memungkinkan untuk menang ketimbang kupon yang dimiliki hanya satu atau dua.

Bisa anda bayangkan bukan?

Logikanya, tidak mungkin user Facebook hanya mampir dihalaman timelinenya dalam waktu kurang dari 30 detik (sebagai syarat user unik)? Jelas disitu ditambah fitur-fitur canggih yang membuat user Facebook berlama-lama pada halaman timelinenya.
Menilik hal tersebut diatas, ini menjadi strategi ampuh bagi para webmaster untuk mengenali tema apa yang kini menjadi inti konten dari sebuah web yang dibangunnya. Apakah sebuah halaman layak untuk menjadi inti generator indeks? Yang jelas keputusan ada ditangan admin web.

From:
Herman Nz's Articles at https://www.linkedin.com/pulse/sebuah-perspektif-google-indeks-paramater-url-herman-nz?trk=prof-post