SKIP TO MAIN CONTENT
tina-andrew.blogpot.com blog uses cookies to help google service, personalise ads, and more. By visiting us you agree with our privacy policy. For more information: Cookies Policy | Privacy Policy

Tips Ngeblog Blogger Blogspot

Menentukan Niche Blog Dengan Tepat

Sebelum membuat blog atau website baru, pertama-tama yang kita pikirkan adalah apakah blog tersebut menggunakan Global Niche atau Spesific Niche. Global Niche berarti bahwa blog kita tidak akan difokuskan pada pembahasan satu topik saja tapi blog menjadi kumpulan topik yang bermacam-macam yang didalamnya ada artikel kesehatan, artikel pendidikan, berita, dunia komputer, elektronik, pertanian,
cerita anak-anak dan sebagainya. Sedangkan spesific niche adalah kebalikannya, artinya hanya ada satu pokok bahasan dalam blog tersebut. Bila niche sebuah blog adalah dunia komputer, maka tidak akan anda temui informasi lain selain dunia komputer.

Menentukan niche adalah penting, akan tetapi sebelum anda memutuskannya, anda harus mampu melihat kedepan mengenai niche apakah yang akan tetap eksis dan trend dimasa-masa yang akan datang, misalnya, kesehatan. Kesehatan adalah niche yang tidak kelang dimakan zaman. Setiap kali orang mencari informasi bagaimana agar bisa sehat selalu, mencari pengobatan modern ataupun tradisional dan herbal. Jadi, niche menentukan seberapa lama masa "pakai" dari sebuah blog. Disamping itu, penting pula mempertimbangkan apakah blog dengan niche spesifik tersebut akan menjadi sekedar referensi gratis, berbayar atau menyediakan space (baca: tempat kosong) bagi advertiser (baca: perusahaan pemilik produk/iklan)yang dengan itu kita mendapatkan imbalan.

Dan, yang tidak kalah penting adalah,apakah dengan niche tersebut kita dapat menjalankannya, artinya apakah kita memiliki kapasitas atau pengetahuan dan wawasan dibidang itu. Mengapa harus? Oleh karena, ketidaktahuan dan kurangnya wawasan dan pengetahuan dasar dibidang tersebut justru akan membawa kita kedalam posisi stuck (baca: bingung) dan pada akhirnya, tidak dapat mengembangkan atau menulis artikel lebih banyak lagi selain copy-paste. Tindakan copy-paste (copas) untuk kurun waktu singkat mungkin tidak menjadi masalah, namun lama-kelamaan, visitor akan mengenal blog kita ternyata hasil plagiat dan tidak berkualitas. Bagaimana cara menentukan niche sebuah blog atau website? Banyak pakar yang berpendapat tentang hal ini, akan tetapi kita akan menarik inti dari sebuah niche bagi eksistensi dan keberlangsungan umur sebuah blog. 

Berikut ini adalah hal-hal pokok yang penting untuk diketahui sebelum anda menentukan niche terbaik, yakni sebagai berikut: 
  • Apakah dengan niche X akan tetap diperhitungan oleh banyak orang didunia ini dimasa-masa yang akan datang? (Niche haruslah bernilai/penting dan tidak habis sekali pakai atau kaya sumber daya sebagai bahan penulisan artikel yang berkelanjutan.)
  • Apakah dengan niche X blog akan bisa menjadi sumber referensi, sumber pendapatan dan sumber solusi? (Niche haruslah multi-fungsi dan berdayaguna yang tinggi.)
  • Apakah telah ada orang lain yang menggunakan niche ini? seberapa besar kompetitor (baca: pesaing) anda. Oleh karena, niche haruslah unik. Unik tidak berarti aneh, akan tetapi bersifat spesifik (khusus) dan belum ada yang membahasnya dalam wujud blog atau website. Dengan demikian, blog anda akan menjadi sumber pertama dari pencari informasi yang berkenaan dengan niche tersebut.
  • Apakah anda memiliki kapasitas atau kemampuan dalam wujud pengetahuan dan wawasan dibidang niche tersebut (Niche haruslah didukung oleh kapasitas-diri). Alangkah lebih baik bila anda benar-benar menguasai niche tersebut.
  • Apakah niche tersebut tidak melanggar kontra dan asusila publik? (Niche haruslah fair dan objective.) Bila niche bersifat memojokkan, mencari-cari kesalahan, teror, korupsi, hacking, cracking, menghujat ataupun berkaitan dengan perbuatan atau ajakan melanggar peraturan seperti; seks dan pelecehan seksual, penghinaan atas ethnic, kontra agama, drug (baca: narkotika), alkohol, judi dan prostitusi, maka niche ini tidak disukai oleh banyak orang/visitor.

    Disamping itu, google (termasuk mesin pencari lainnya (bing dan yahoo) berjanji akan mem-banned (baca: menghilangkan link atau URL blog tersebut dari mesin pencarinya), dan parahnya, jenis niche ini dan tidak dapat diterima di google adsense.
  • Yang terakhir adalah, apakah kita dapat menghasilkan artikel atau tulisan-tulisan yang berkualitas dan dapat bermanfaat bagi visitor kita (Niche yang ditulis haruslah berkualitas). Intinya, menulis sebuah artikel yang kemudian kita posting di blog kita tidaklah bisa asal-asal saja atau tidak jelas tata urutan dan tanpa kesimpulan apalagi tanpa tujuan jelas. Intinya, content of the certain niche is a king (Isi dari sebuah niche yang tepat adalah raja).

    Ini akan membuat visitor kita tidak betah dan pada akhirnya akan meninggalkan blog kita untuk selama-lamanya. Sebuah blog yang berkualitas dalam isi akan menjadi prioritas bagi visitor, mereka betah membuka-buka halaman blog kita dan berlangganan setiap artikel yang kita tulis serta menyimpannya dalam referensi khusus mereka dan tidak menutup kemungkinan mereka akan hapal URL dari blog kita tersebut. Bukankah ini yang kita impikan?
Menentukan NICHE dengan Tepat | tina-andrew.blogspot.com
Niche ibarat nyawa dari sebuah blog. Bila niche tidak layak, maka blog tidak akan pernah dikunjungi dan kemunculannya dalam setiap kesempatan menjadi hantu bagi setiap visitor yang telah mengenalnya.

Newer Post Lihat Tips & Tutorial Sebelumnya
Back to Homepage

Popular Posts