SKIP TO MAIN CONTENT
tina-andrew.blogpot.com blog uses cookies to help google service, personalise ads, and more. By visiting us you agree with our privacy policy. For more information: Cookies Policy | Privacy Policy

Tips Ngeblog Blogger Blogspot

Tekhnik SEO Pada Blog Blogspot

Visibilitas blog di mesin pencari seperti Google memang sangat diharapkan. Pada saat diketikkan oleh user atau visitor kedalam kotak pencarian, kita berharap blog kita dengan referensi didalamnya yang akan muncul dan diklik oleh visitor tersebut. Banyak diantara blogger yang cemas kalah bersaing dengan blogger lainnya, oleh karena, menurut pendapatnya, dia tidak memiliki pengetahuan dibidang SEO dan wawasan dibidang itu.

Disini, saya ingin menjelaskan bagaimana Blogspot sebenarnya telah disetup otomatis oleh agar Visible (muncul) dan termasuk didalam Daftar Blogger Blogspot.com. Artinya, tidak perlu ada kekhawatiran mengenai hal tersebut. Ini terbukti setelah saya membuat blog baru dan hanya menulis artikel seadanya tanpa submit, dan segala hal yang dilakukan blogger professional.

Pengaturan Otomatis Visibilitas Blog di Blogger.com

Setelah menunggu kurang lebih 1 minggu plus rutin menulis artikel, akhirnya, ketika saya lihat di Overview pengaturan blog menunjukkan bahwa dalam 7 hari ada 49 pengunjung (tidak termasuk page views atau impresi yang saya lakukan atas blog saya) dengan memilik "don't track my own page view". Berdasarkan bukti ini berarti benar bahwa tanpa submit, blog kita akan tetap eksis dan ada pengunjungnya. Bagaimana saya bisa tahu hal itu?

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, Apakah hanya mengandalkan "Listed on Blogger. Visible to search engines" yang disetup otomatis oleh blogger.com popularitas blog kita akan naik dan bisa mendapatkan Google Pagerank? Ini baru masalah :D

Pada saat query atau keywords diinput kedalam kotak pencarian Google, hasil pencarian nantinya bergantung pada bagaimana cara kita meningkatkan popularitas blog kita tersebut. Sedangkan hasil pencarian tersebut disebut dengan SERPs (Search Engine Result Pages). Semakin tinggi kemungkinan munculnya blog kita di SERPs, semakin tinggi nilai dan ranking blog kita menurut Google Pagerank.

Meningkatkan Blog Traffic dan SERPs

Berikut ini, kami jelaskan bagaimana cara meningkatkan Traffic blog anda dalam hal SERPs, yakni:
- Postinglah sekurang-kurangnya 1 buah artikel tidak kurang dari 400 kata per artikel. (Original)
- Aturlah Judul, Description, Keywords dan Paginasi blog anda.
- Submit ke web direktori dmoz.org, yahoo directory dan sitemap anda, termasuk di alexa.com
- Submit URL blog anda ke Google sehabis posting.
- Aturlah Robot.txt dan Header Robot tag blog anda dan tambahkan meta tag didalam script HTML template anda
- Promosikan melalui facebook, twitter dan sosial media lainnya. Adalah lebih baik bila submit dan promosi di pinterest.com, stumble.com dan tumblr.com
- Gunakan Google Analytic dan Webmaster Tools didalam memonitor perkembangan blog anda.

Penjelasan

1. Saat ini, artikel akan dikatakan baik, bila memenuhi syarat sebagai berikut:
  • Bahasa dan seleksi kata yang memadai, Gunakan kata-kata atau prase yang mengandung atau relevan dengan Judul, deskripsi dan keywords blog anda, misalnya:
    Judul: Asuransi Jiwa di Indonesia
    Deskripsi Blog: Tips memilih asuransi jiwa yang layak bagi masyarakat Indonesia.
    Keywords: asuransi, asuransi jiwa, tips asuransi, asuransi indonesia, asuransi dan masyarakat.
  • Paginasi adalah bahwa apa yang anda posting (artikel) tersebut tidak boleh keluar dari bahasan inti berdasarkan judul, deskripsi dan keywords
2. Saat ini, sebuah blog atau situs, tidak akan mendapatkan popularitas dan ranking google bila tidak terdaftar di dmoz.org. Adalah lebih baik jika blog kita daftarkan juga di web directory lainnya termasuk alexa.com.
3. Setelah selesai menyimpan dan mempublish postingan blog anda, langsung saja submit ke dan blogsearch.google.com/ping.
4.  Aturlah Robot TXT blog anda, caranya adalah: Bukalah Setting>Preferences lalu klik link "Edit" dan masukan tag robot.

Selanjutnya atur pula "Custom robots header tags" dengan cara klik "Edit", lalu tandai opsi-opsi sebagai berikut:
  • - Pada Homepage: All dan Noodp
    - Pada Archive dan Search pages: Noindex dan Noodp
    - Pada Default for Posts and Pages: All dan Noodp
    Lalu simpan perubahan tersebut. Sekarang keduanya dalam status "Enabled".
  • Berikutnya adalah anda di facebook dan media sosial lainnya. Anda dapat membuat Fan Page dengan rutin memposting synopsis dari Artikel blog anda di status fan page blog anda tersebut.
  • Daftar, Verifikasi dan kelolalah blog anda di Google Webmaster Tools dan Google Analytic. (Bahasan ini akan saya posting dikesempatan lain).


Herman Bin Nasarudin in Google+
Google+ Profile
Google+ Page

Newer Post Lihat Tips & Tutorial Sebelumnya
Back to Homepage

Popular Posts