SKIP TO MAIN CONTENT
tina-andrew.blogpot.com blog uses cookies to help google service, personalise ads, and more. By visiting us you agree with our privacy policy. For more information: Cookies Policy | Privacy Policy

Tips Ngeblog Blogger Blogspot

Tips Loading Speed di Blogger

Blog yang memiliki loading lambat bisa berakibat pengunjung blog anda merasa bosan dan kesal. Ini tidak baik bagi blog anda kedepannya. Seringkali beberapa gadget yang anda tambahkan pada sidebar; left sidebar atau right sidebar, menurut anda, justru berakibat buruk bagi loading blog anda. Apakah demikian? Mari kita diskusikan!

Aspek Loading Eksternal Blog

Pada saat anda mengunjungi sebuah blog atau website, hal pertama kali browser anda akan mengakses fitur-fitur dalam bentuk URL pada browser anda, seperti, add-ons, history, bookmark dan, bila tidak ada maka URL yang anda kunjungi akan disimpan sebagai history. Begitu juga dengan bila anda mem-bookmark web/blog lain tersebut. Dengan demikian, sebelum anda mengakses sebuah web/blog, maka browser terlebih dahulu akan mengakses hal tersebut diatas. Bila browser anda memiliki toolbar yang banyak, bisa dibayangkan bagaimana lambannya web/blog tersebut akan tampil secara optimal. Selain itu virus dan trojan serta komputer/laptop yang tidak stabil bisa mengakibatkan kerusakan fisik (hardware), add-ons browser dan lain sebagainya. Artinya, banyak hal yang bisa menyebabkan, "mengapa blog atau situs tertentu terlihat lamban loadingnya". Demikian juga bila anda mengakses internet di lalu lintas (baca: traffic) jaringan yang padat. begitu pula bila biaya akses dan jatah bandwidth anda menipis atau kecil.

Aspek Loading Internal Blog

Banyak juga yang menjadi penyebab mengapa blog anda loading-nya lambat, terkadang bisa muncul stabil dalam beberapa menit. Ini memang keterlaluan. Dampaknya, pengunjung akan merasa bosan menunggu dan kesal. Untuk itu, jangan biarkan hal ini terjadi dalam waktu yang lama. Jadi, ambil sikap dan keputusan cepat. Segera perbaiki dan cari solusi terbaik agar loading blog anda bisa secepat mungkin.

- Berapa Batas Ukuran Loading Blog yang Dimaklumi

Patokan atau barometer dasar yang menjadikan batas ukuran loading blog yang masih terbilang pantas dan wajar sebenarnya tidak ada. Disini, setelah kami mengadakan observasi dan survey intensif, didapatkan bahwa batas loading minimum sebuah situs atau blog yang terbilang wajar adalah: 5.87 Detik. Ukuran ini berdasarkan pada:
1. Berdasarkan Situs Pengukur Loading Web/blog.
1. Seberapa tinggi tingkat akurasi situs pengukur kecepatan loading sebuah blog/web.
2.Apa saja mekanisme pengukuran yang berlaku pada situs pengukur loading web/blog tersebut.
3. Lokasi dan kondisi server situs pengukur.
2. Berdasarkan Blog yang menjadi Objek Pengukuran.
Dikesempatan ini, kami akan menguraikan secara ringkas menyangkut inti dari Tips agar loading web/blog anda bisa cepat. Setelah melakukan observasi dan survey intensif, akhirnya kami menetapkan ada 5 hal pokok yang harus anda lakukan dan hindari agar blog/web anda bisa melaju dengan cepat:

Pertama, adalah: hindari penggunaan Javascript dan plugin yang terlalu banyak, khususnya yang diletakkan di antara tag <head> dan </head>.
Bila javascript tersebut harus diletakkan di tag -body-, maka, hapus dan pindahkanlah sebelum </body> atau, jangan dibawah <body> secara langsung. Walaupun perbedaan antara keduanya tidak begitu mencolok. Tapi, setidak-tidaknya mengurangi loading-blog anda yang lambat.
Kedua, Hindari penggunaan Image yang terlalu besar diatas kewajaran. Ukuran image maksimum adalah: 120 kilobyte. Lebih bagus apabila image tersebut dikompress dan menggunakan format GIF. Gunakan software pengolah gambar seperti gimp ketimbang photoshop. Semakin banyak layer pada sebuah gambar yang dihasilkan oleh software pengolah gambar tersebut, maka semakin tinggi juga byte yang dikandungnya.
Ketiga, Bersihkan kode HTML dan urutkan CSS pada blog anda. Anda dapat melakukan markup HTML anda sesuai format HTML5 yang telah tervalidasi oleh validator-w3-org atau dapat mempelajarinya di schema-org. Selain itu, daftarkan blog/situs anda di Google Webmaster Tools dan gunakan Tools tersebut untuk mengecek, memonitor dan mengendalikan terjadinya Error atau ketidaktepatan penggunaan tag atau script dalam HTML blog anda.
Cara mengurutkan CSS3 anda adalah:

Contoh:
.left-sidebar, .top-wrapper, .badge-footer {
margin: 0px;
padding: 0px 3px 5px 10px;
font-family: georgia;
font-size: 13px;
color: #2d2d2d;
}

Menjadi:-

.badge-footer {
margin: 0px;
padding: 0px 3px 5px 10px;
font-family: georgia;
font-size: 13px;
color: #2d2d2d;
}
.left-sidebar {
margin: 0px;
padding: 0px 3px 5px 10px;
font-family: georgia;
font-size: 13px;
color: #2d2d2d;
}

.top-wrapper {
margin: 0px;
padding: 0px 3px 5px 10px;
font-family: georgia;
font-size: 13px;
color: #2d2d2d;
}
Keempat, adalah: Hindari link-keluar terlalu banyak. Link-keluar adalah link yang bila di-klik akan menuju/membuka situs/blog lain. Dalam segi SEO, terlalu banyaknya link-keluar akan memperburuk kondisi peringkat blog kita di search engine, seperti; google.
Kelima, adalah: Hosting-kan blog atau situs anda di web-hosting yang sudah memiliki kredibilitas dan akuntabilitas dunia, cepat, transparan dan professional, Menggunakan hosting secara gratis terkadang tidak bisa kita hindari bila budget kita tidak mencukupi untuk itu. Akan tetapi, tidak ada jaminan pada hosting gratis terhadap kecepatan loading situs kita.



Herman Bin Nasarudin in Google+
Google+ Profile
Google+ Page

Newer Post Lihat Tips & Tutorial Sebelumnya
Back to Homepage

Popular Posts