SKIP TO MAIN CONTENT
tina-andrew.blogpot.com blog uses cookies to help google service, personalise ads, and more. By visiting us you agree with our privacy policy. For more information: Cookies Policy | Privacy Policy

Tips Ngeblog Blogger Blogspot

Pasang Adsense di Wordpress

Now Google & WordPress Play Better Together

Google Adsense mengirimi saya email malam ini pukul 9:25 PM seperti biasanya. Tapi yang satu ini ternyata berbeda. Sub judul diatas adalah salah judul dari isi email tersebut. Intinya, sekarang anda dapat mendaftarkan diri sebagai Publisher Adsense dengan blog wordpress oleh karena Google sudah "berteman lumayan akrab" dengan wordpress. Praduga saya, dikarenakan wordpress untuk sekarang
ini memang terlihat solid, mendominasi dan cukup berpengaruh dibandingkan blog gratis lainnya, bahkan saat ini bersaing ketat dengan blogspot atau blogger.com. Ini biasa dikarenakan setiap saat mesti ada kompetisi. Bila Google tidak pintar-pintar didalam "menggandeng" provider/blog hoster lain, bisa-bisa Google ditinggal oleh penggunanya dan jelas ini sangat tidak diinginkan oleh Google.

Berkenaan dengan email tersebut, saya ingin menggarisbawahi mengenai teknis mendaftar menjadi Adsense Publisher hingga ketahap optimalisasi iklan adsense di wordpress. Oleh karena ini sebuah issue, kemungkinan besar wordpress telah menjadi barometer bagi blog gratis lainnya bahkan website utuh sekalipun. Seperti yang terjadi pada blogger.com, tidak sedikit pengguna blog dari blogger.com yang menjadikan format/template blogger.com sebagai template utama dengan tingkat domain tinggi (Top level domain), demikian pula yang terjadi pada wordpress. Itu artinya, fleksibilitas sebuah blog dalam rangka memenuhi minat dan harapan dari para pengguna kedua blog tersebut sangatlah diperhatikan dan sekaligus menjadi pendukung utama dari official website utama dari wordpress.com dan google.com.

Dalam implementasinya, Google telah menyediakan Plugin (masih dalam bentuk/format beta) agar pengguna wordpress yang ingin mendaftarkan diri sebagai Adsense Publisher menjadi lebih mudah, khususnya dalam hal mengintegrasikan Produk Google (baca:iklan adsense) kedalam halaman blog atau website wordpress.

Bila kita melihat bagaimana sebuah web/blog wordpress itu dibangun, maka jelaslah bahwa blog wordpress dibangun dari bahasa HTML sebagai bahasa dasar dan menjadikan PHP menjadi bahasa pendukung. Hal ini lumrah dikarenakan fitur-kelola (baca:cpanel) wordpress lebih kaya dan dinamis dibandingkan blogger.com. Selain itu, PHP lebih difungsikan didalam menangani masalah koneksi database.

Google Publisher Plugin (Beta)

Seperti yang telah diutarakan diatas, untuk berintegrasi dengan wordpress, google telah menyediakan plugin khusus agar iklan adsense dapat diatur dan dipasang di blog/situs wordpress dengan mudah. Untuk lebih memahami bagaimana gambaran plugin ini anda dapat mengunjunginya disini. Selain itu, bila anda ingin mendownload plugin tersebut, silahkan klik disini.
"Google Webmaster Tools: Webmaster Tools provides you with detailed reports about your pages' visibility on Google. The plugin allows you to verify your site with Webmaster Tools with only one click. Use Webmaster Tools with the Google Publisher Plugin.
(source taken from: https: //support. google. com/adsense/answer/3380626.)
Untuk mendukung perubahan yang baik ini, Google telah mengatur dan menyediakan media pengelolaan, laporan & analisis mengenai visibilitas halaman-halaman blog wordpress di mesin pencari google. Dengan kata lain, dengan Google Webmaster Tools yang menyediakan fasilitas ini, wordpress dapat memanfaatkannya sebagai media didalam mengelola blog wordpress lebih optimal lagi (dibandingkan blog host gratis lainnya). Sayangnya, oleh karena plugin ini masih dalam tahap beta, penggunaan plugin adsense belum bisa digunakan secara global apabila user wordpress menyewa hosting di wordpress itu sendiri. Jadi, penggunaan plugin tersebut masih terbatas, selain itu Google Publisher Plugin tersebut belum termasuk dalam daftar wordpress itu sendiri secara resmi. Itu artinya, Google Publisher Plugin dibuat secara "sendiri" atau "sepihak" oleh Google adsense. Google hanya memberikan solusi bagi blogger wordpress yang ingin mendaftar Google Adsense dan mengintegrasikan iklan adsense di halaman wordpress oleh karena halaman wordpress berlatarbelakang bahasa PHP.

Kode Sumber Plugin Iklan Adsense di Wordpress

Kode sumber plugin itu adalah GPL, akan tetapi penggunaan/implementasi pelayanan Google satu ini masih berada dalam kebijakan Google sepenuhnya yang tertuang dalam bentuk:privacy policy dan http://www.google.com/policies/terms/. Bagi anda yang memiliki akun dan blog wordpress tidak ada salahnya mencoba mendaftar adsense dan menggunakan plugin tersebut karena biasanya, awal-awal launchingnya pemberitahuan ini mengandung unsur prioritas untuk diterima, dengan catatan, sesuai dengan persyaratan di-approved-nya calon akun adsense anda.

Seperti yang telah dicantumkan dalam keterbatasan tersebut diatas, bahwa plugin dengan versi beta ini hanya mengizinkan anda 2 hal saja, yaitu:

1. Mempermudah menambahkan/memasang Iklan adsense di blog wordpress dan menghasilkan uang dari memasarkan iklan tersebut,
2. Anda dapat memverifikasi blog anda di Google Webmaster Tools hanya dengan 1-click saja.

Cara Memasang Plugin Google Adsense di Wordpress

Untuk dapat memasang iklan adsense di wordpress dengan plugin ini, silahkan download plugin-nya disini. Kemudian, copy-paste-kan plugin tersebut di blog/web wordpress anda, atau dapat mengedit file-file wordpress anda secara manual.

Herman Bin Nasarudin in Google+
Google+ Profile
Google+ Page

Newer Post Lihat Tips & Tutorial Sebelumnya
Back to Homepage

Popular Posts