SKIP TO MAIN CONTENT
tina-andrew.blogpot.com blog uses cookies to help google service, personalise ads, and more. By visiting us you agree with our privacy policy. For more information: Cookies Policy | Privacy Policy

Tips Ngeblog Blogger Blogspot

Microdata-Markup & SEO

Title: Microdata-Markup and How It Impacts to Improve your SEO Website


Schema.org explains that Google search engine, basically, can not understand enough what the content talks about. It just a software which has no competency like human to detect deeply in a case. For the reason, webmaster should mark up the web page script into a certain format to make the search engine understand what we are discussing about.




SEO-Question: Does it impact to Web SEO?


To answer this question, let me please show you that mostly SEO expert, such as, Google's Matt Cutts has  mentioned that microdata-markup does not mean to improve your higher ranking in search engine. This is just the way how the search engine interprets your site content. But, let's think logically, how can search  engine crawls your site and find something unique and the tag if you do not give the way for search engine to  understand your site. On the other hand, by marking up your web script with true microdata format, your site has chance to be crawled well and search engine knows what the site discusses about.

This follows will describes how the microdata format can give your site rich snippets. For example your site is about person, you usually markup your site information like this:

Previous Markup:


<div>
 <a href="../professional/ herman-bin-nasarudin.html">Herman Bin Nasarudin</a>
</div>


With Microdata Format:


<div itemscope itemtype="http://schema.org/Person">
  <a href="../professional/ herman-bin-nasarudin.html" itemprop="url">Herman Bin Nasarudin</a>
</div>

From the example above, the item /url/ gives search engine information that the front phrase is a URL not plain text and links to where to find information about Herman Bin Nasarudin.

Indonesian Language:
Schema.org telah menguraikan secara sepsifik dan jelas bahwa mesin pencari Google, Yahoo dan Bing, pada dasarnya tidak mengerti sama sekali apa yang tengah dibahas dalam sebuah blog atau situs. Oleh karena itu hanyalah sebuah software yang melakukan tugas crawl atau penjelajahan ke setiap website dan blog yang ada di dunia ini. Jadi, tidaklah seperti manusia yang mengerti detail dari sebuah diskusi atau pembicaraan.
Karena alasan tersebut, maka schema.org memberikan solusi bagaimana cara agar mesin pencari Google dapat mengerti konten unik kita.

Pertanyaan: Apakah Microdata Format berpengaruh dengan Peningkatan Ranking atau Pagerank kita?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut disini akan diuraikan bagaimana sekaliber Matt Cutts dari Google menerangkan dengan jelas bahwa, Menggunakan microdata didalam marking-up (baca: teknik menulis kode halaman website), tidaklah menjamin blog atau situs anda naik rankingnya di Google Pagerank. Disini ingin kami tegaskan bahwa microdata format adalah Sebuah Cara agar Mesin Pencari Google dapat memahami isi konten situs atau blog kita secara tepat. Secara otomatis, Informasi apapun dalam blog kita akan terekam semua dan optimal. Dan, ini menaikan popularitas blog kita dibandingkan blog lain yang ada. Dengan kayanya blog kita dengan informasi, secara tidak langsung telah mengembangkan keywords kita yang hanya terbatas melalui teknik microdata mark-up ini. Ini yang disebut dengan Rich Snippet atau memperkaya keywords dalam sebuah blog agar lebih luas jangkauannya. Dengan demikian, apa-apa yang menjadi pokok inti konten kita akan terekam oleh Google dan ditampilkan secara optimal pada saat query diajukan oleh Visitor di mesin pencari.

Berikut ini adalah bagaimana cara microdata format memberi informasi "tambahan" pada mesin pencari:
Sebelum menggunakan/berformat Microdata:


<div>
 <a href="../professional/herman-bin-nasarudin.html">Herman Bin Nasarudin</a>
</div>

Setelah berformat Microdata:


<div itemscope itemtype="http :// schema.org/ Person">
  <a href="../professional/herman-bin-nasarudin.html" itemprop="url">Herman Bin Nasarudin</a>
</div>

Informasi tambahan yang dimaksud dalam format microdata diatas adalah, URL. Pada format sebelumnya mesin pencari mendeteksi bahwa /../professional/herman-bin-nasarudin.html/ adalah bernilai String biasa. Dengan demikian, mesin pencari menganggap bahwa itu adalah salah satu dari isi konten. Akan tetapi ketika kita menambahkan format microdata seperti diatas, mesin pencari menjadi tahu bahwa /../professional/herman-bin-nasarudin.html/ adalah URL atau LINK. Bila Link tersebut merupakan Link antar halaman blog atau situs kita, secara tidak langsung kita mendapatkan Inbound Links dan ini berarti ada nilai Plus pada setiap jengkal ranking situs kita.

Herman Bin Nasarudin in Google+
Google+ Profile
Google+ Page

Newer Post Lihat Tips & Tutorial Sebelumnya
Back to Homepage

Popular Posts